Welcome.. Happy Blogwalking.. :D

Thursday, October 11, 2012

20 tips Menjadi Guru Les Privat yang Baik


Teman2 apa ada yang berprofesi sebagai guru les Privat? Ya.. Saya juga demikian. Biasanya yang menjadi guru privat zaman sekarang adalah Mahasiswa yang masih kuliah pada pagi harinya. Jadi, daripada nganggur sepulang kuliah, lebih baik isi waktu dengan mengajar anak2 sekaligus memperoleh tambahan uang jajan sendiri. dengan begitu, teman2 tidak perlu membebani orang tua dengan segala macam kebutuhan anda.

Menurut saya, untuk menjadi guru les privat yang baik kita harus mencermati hal2 berikut ini:




1. Kenali latar belakang murid les anda.
Sebelum menerima Job mengajar, tentu kita harus tau lebih dahulu latar belakang si calon murid seperti apa, bersekolah dimana, kelas berapa, tinggal dimana, bagaimana kondisi lingkungan masyarakat, sekolah dan yang terpenting keluarganya. Jika ada salah satu dari hal tersebut yang kurang cocok dengan teman2, lebih baik dipertimbangkan lagi keputusan untuk menerima Job tersebut.

2. Mintalah Kompensasi yang pas.
Tarif guru les zaman sekarang sepertinya telah naik seiring naiknya harga BBM. dengan demikian, patoklah tarif yang sesuai untuk lebih memotivasi teman2 dalam mengajar. jangan sampai teman2 menjadi malas untuk mengajar karena tidak senang dengan kompensasi yang diberikan tiap bulannya.

3. Berbincang
Apa jadinya kalau saat kita mengajar hanya mengerjakan soal saja? saat sebelum atau sesudah mengajar,  ada baiknya kita berbincang2 dahulu pada si anak apa yang dia lakukan hari ini, apakah ada hal yang spesial atau hal yang menarik yang telah si anak lakukan? bahas hal tersebut dan berikan komentar anda.

4. Sabar tetapi tegas
Seringkali si anak mencari hal-hal lain yang dapat mengganggu konsentrasi anda dalam mengajar, contohnya membalas sms, memegang HP, jalan2 tak jelas, sering ke WC, dll... untuk itu, sebarlah terhadap si anak, sebagai manusia apalagi anak2, pastinya akan ada rasa bosan ketika melakukan suatu rutinitas. bolehkan si anak melakukan hal tersebut, tetapi dengan batasan2 dari anda. misalnya jika dia ingin pergi ke WC, bilang padanya: cepat ! 1 menit saja. :D

5. Buat sedikit humor
Terus-menerus menjelaskan pelajaran akan membuat panas otak si anak, buatlah sedikit humor yang dapat membuat si anak tertawa untuk melepaskan kerutan di dahinya. humor juga berfungsi agar suasana belajar mengajar tidak kaku. Dalam hal ini, humor juga dapat meningkatkan rasa akrab antara anda sengan si anak.

6. Akrab dengan keluarga si anak
selain akrab dengan si anak, lebih baiknya anda juga harus akrab dengan keluarganya. Ajaklah orang tuanya atau saudaranya ngobrol sesekali jika anda punya waktu luang, atau komunikasikan tentang perkembangan si anak dalam belajar, berikan respon yang positif apabila berbicara kepada mereka. Contoh: jika anda melihat ibu si anak sedang ingin pergi ke pesta, bilang: wah tante cantik hari ini, mau pergi kemana? seketika itu juga anda akan mendapatkan respon yang positif juga. ( saya langsung disuguhi 1 toples biskuit siap saji ), atau sekurang2nya kata2 anda akan membuat senyum di wajah ibunya.

7. Jika berhalangan, segera kabari
Komunikasi sangat penting apabila ada sesuatu yang sebaiknya segera disampaikan. Mintalah nomor telepon rumah atau ponsel orang tuanya, jika si anak sudah dewasa dan mempunyai hp sendiri, lebih baik langsung menghubungi si anak karena terkadang orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga jarang memperhatikan si anak.

8. Perhatikan waktu dalam mengajar
Usahakan dalam ruangan tempat anda mengajar memiliki jam dinding. katakan pada si anak jam berapa anda mulai mengajar, dan jam berapa anda selesai. Ajar si anak menghargai waktu belajarnya. Seimbangkan juga jumlah tugas atau pr yang akan dikerjakan pada hari itu dengan waktu yang masih tersisa. contohnya: apabila waktu mengajar hanya tersisa 10 menit, ada baiknya jangan membahas pelajaran yang sulit dimengerti, ajaklah si anak membaca sekilas tentang pelajaran untuk esok hari.

9. Pujian dan apresiasi
Sewaktu si anak memamerkan nilai dan hasil belajarnya, pujilah dia, kalau perlu berikan hadiah (permen sudah cukup) yang dapat memotivasi si anak untuk mendapatkan nilai yang bagus lagi. sebaliknya apabila anda menemukan nilai2nya yang jelek, katakan pada mereka: "Tidak masalah, ini adalah hasil usahamu yang terbaik, lain kali kita pelajari lebih lagi ya.."

10. Jangan bawa masalah pribadi
Bersikaplah profesional dalam mengajar, jika mood anda sedang tidak bagus pada hari itu, jangan bawa mood tersebut dalam mengajar apalagi sampai marah2 karena alasan tak jelas. Tetaplah tersenyum dan mengajar seperti biasanya.

11. Menjadi Saudara si anak
Jadilah orang terdekat untuk si anak tersebut, dengan begitu akan terjalin suatu hubungan yang baik antara si anak dengan anda. Anda bisa menganggap si anak adalah adik anda atau saudara anda.

12. Sisipi pelajaran dengan games
Apabila si anak mulai malas belajar, buatlah games seru yang kalau bisa ada kaitannya dengan pelajaran, misalnya bermain tebak2an, atau mengisi teka teki silang, mencari letak kota dalam peta, bahkan sampai bermain bingo. Tetapi jangan terlalu sering dilakukan, karena akan menjadi suatu kebiasaan pada si anak.

13. Sesekali keluar dari rutinitas.
Jika si anak esok harinya libur dan tidak memiliki tugas yang harus dikerjakan, maka ajarlah dia pengetahuan-pengetahuan umum seperti belajar komputer atau pergi ke museum, bisa juga ajak si anak membeli barang kebutuhan sekolahnya.

14. Berikan hadiah kejutan
Jika anda punya uang lebih sedikit saja, belikanlah sedikit hadiah yang dapat membuat si anak senang dengan anda. contohnya apabila anda melihat kotak pensilnya telah sobek2, belikanlah yang baru. tapi ingat, sesuaikan hadiah dengan sisa uang anda.

15. Alihkan ceritanya
 Saat mengajar, si anak pastinya pernah atau bahkan hampir setiap hari memiliki cerita untuk diberitahukan kepada anda. entah itu tentang peristiwa di sekolah, tentang game, atau tentang masalahnya. berikan tanggapan yang memancing dia untuk bercerita lebih lanjut mengenai pokok ceritanya, setelah itu langsung arahkan si anak untuk belajar. Cara ini efektif untuk membuat si anak tidak bisa bercerita lagi karena inti ceritanya sudah dia katakan dan langsung fokus untuk belajar.
contoh :
anak : hari ini aku sebel
anda : kenapa?
anak : tadi dihukum guru lari di lapangan
anda : mengapa?
anda : soalnya guru bilang aku ribut sih, padahal bukan aku yang ribut. tuh sebelahku yang banyak omong     bah, malah aku yang kena omel, udah itu dihukum lagi, untung saja teman aku juga kena hukum. tapi kok aku juga kena sih..! ukh..
anda : Oooh.. trus?
anak : ya gitu deh..
anda : siip, yuk lanjut baca!

16. Jangan terlalu jujur
Ada kalanya anda harus berkata bohong apabila itu diperlukan, katakanlah hal-hal yang positif yang dapat memancing si anak untuk belajar. contoh: apabila si anak bertanya tentang prestasi anda semasa di sekolah, jawab saja pernah juara, ikut lomba ini itu. dengan begitu akan memancing si anak untuk berprestasi seperti anda. contoh lain apabila si anak ingin meminjam hp anda untuk bermain game, bilang saja anda tidak membawa hp atau hp anda tidak ada game nya. karena apabila anda menjawabnya dengan jujur, si anak tidak akan fokus dalam belajar.

17. Jangan Tunda PR
Jika ada tugas yang diberikan pada hari itu, kerjakan pada hari itu juga. hal ini dimaksudkan untuk menghindari pr dan tugas yang menumpuk, jajak si anak untuk mengerjakannya lebih dahulu. Jangan sampai besok kumpulkan tugas, hari ini baru kerjakan. ini akan menyusahkan anda apabila ada pr lain pada hari itu. bisa-bisa tidak selesai semua.

18. Selalu perhatikan buku agenda
Jika si anak punya buku agenda, catatan atau buku komunikasi dengan guru, periksalah tiap hari jikalau ada hal-hal yang harus diperhatikan. misalnya jika ada ulangan pada hari tertentu, ada pengumuman, bahkan hukuman dari guru.

19. Berikan waktu ekstra
Jika dalam waktu normal masih belum cukup untuk membahas dan menyelesaikan segala tugasnya, berikanlah waktu tambahan sekitar 15 menit untuknya belajar, atau bisa juga mengisi waktu libur anda untuk mengajar di hari sabtu dan minggu. ( anda bisa saja mendapat tambahan kompensasi )

20. Tulus
Ya namanya mengajar tentu untuk membagi ilmu kan.. mengajarlah dengan tulus untuk satu tujuan, yaitu membuat murid anda menjadi pintar dan berprestasi, tidak hanya demi mendapatkan uang. Ingat, sebagai guru les privat, anda memiliki tanggung jawab penuh terhadap hasil belajar si anak.

sekian. selamat menerapkan.. :D

11 comments:

tarif les privat SuksesPrivat said...

Karena saya pengelola bimbel les privat dan sering kali terjun langsung mengajar , juga membaca sejarah yang dituturkan para mantan guru les privat yang barang kali masih mengajar les privat . Saya menyimpulkan , tarif les privat sejak belasan tahun lalu sebenarnya merosot kalau dilihat nilai rupiah yang mengalami inflasi beberapa kali lipat . Silahkan mampir dan melihat bahwa tarif les privat sekarang stabil .

guru les private said...

semoga dengan adanya Les Private ini putra-putri kita bisa menjadi yang terbaik disekolah maupun dirumah. dengan banyaknya para guru kursus private yang membantu akan mengantarkan mereka ke universitas negeri amin

guru les privat ke rumah said...

sebagai salah satu pengajar atau guru privat di best almamater saya sangat senang dengan profesi ini. Ilmu yang saya miliki bisa bermanfaat untuk generasi penerus yang bila nanti anak didik saya berhasil berarti saya juga ikut andil juga dan tentunya akan kebanggaan yang tak ternilai.

Unknown said...

Boleh minta tips dan trik nya buat yg baru pertama kali ngajar les privat seperti saya😊

Unknown said...

Boleh minta tips dan trik nya buat yg baru pertama kali ngajar les privat seperti saya😊

Nata's Story said...

Kalo untuk pertama kali mnurut pengalaman saya kurang lebih sama kyak tips di atas :)
Kita knalan dulu sama anaknya, tanya latar belakangnya, kesulitan belajarnya dimana, kelemahannya dlm pelajaran bagaimana, trus ya mulai membimbing dia belajar, membuat soal" untuk membantu daya ingat si anak, tapi ya jangan serius terus ajak sdkit brcnda agar si anak tdk merasa tertekan atau tegang saat belajar, di akhir belajar usahakan meluangkan waktu ngobrol agar kita lebih dekat dengan si anak dan kita tau karakter si anak, agar kita tau bagaimana cara kita menyampaikan pelajaran yg blm ia mengerti :) :D

Mustika Privat said...

Salam kenal untuk semua Pahlawan bayangan dalam dunia pendidikan yaitu Anda-anda yang sedang berusaha mencerdaskan anak bangsa melalui les privat. Secara garis besar tidak ada bedanya apa yang saya pahami tentang menjadi guru les privat. Tapi ini juga mengingatkan sayang dengan apa yang selama ini saya inginkan tapi belum saya lakukan. Mungking tips-tips diatas akan saya tambahkan untuk memotivasi rekan-rekan saya untuk lebih semangat dalam mencerdaskan anak bangsa melalui les privat. Terima kasih kepada Rob's Ulquiorra.

Salam sukses pada Anda semua
Jangan sungkan untuk kunjungi kami juga di Les Privat Malang

Nova Wijaya said...

Pengalaman yang bagus. Terima kasih buat informasinya. Pengetahuan yang saudara berikan sangat membantu usaha yang sedang kami tekuni.

Unknown said...

MENYEDIAKAN

Alat Pembesar Penis

Vimax Asli

obat kuat sex

obat pembesar penis

obat perangsang wanita

produk kesehatan

sex toys pria

sex toys wanita

obat pelangsing badan
Klik salah satu:

Call/WA :082 243 552 615
BBM : 2BAF 89B3

Unknown said...

MENYEDIAKAN

Alat Pembesar Penis

Vimax Asli

obat kuat sex

obat pembesar penis

obat perangsang wanita

produk kesehatan

sex toys pria

sex toys wanita

obat pelangsing badan
Hammer Thor
Klik salah satu:

Call/WA :082 243 552 615
BBM : 2BAF 89B3

Les Privat Jogja said...

terima kasih informasinya sangat membantu dan bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Stories - Ongoing

Statistik