Welcome.. Happy Blogwalking.. :D

Wednesday, October 10, 2012

Manfaat Tidur Siang



Siapa yang sedang ngantuk siang hari ini? jika teman2 mengantuk, segeralah tidur siang untuk mengembalikan energi yang sedang Low.. Tidur siang banyak manfaatnya, selain untuk mengembalikan energi kita, juga dapat mencegah penyakit jantung loh !
Benarkah? langsung saja kita simak artikel yang saya dapat berikut ini:




Tips Tidur Siang Yang Sehat


Dari sekian puluh yang sedang online saat ini, saya yakin lebih dari 50% sedang mengantuk atau pengen tidur siang. tapi taukah anda bahwa tidur siang itu cukup 5 menit saja? Mengantuk di siang hari, menurut Hiromi Shinya, adalah hal yang wajar. Penyebabnya adalah enzim kita banyak digunakan saat bangun dan beraktivitas.
Jika tubuh sudah memberi sinyal demikian, dengarkanlah. Jangan abaikan karena alasan apa pun. Jangan juga khawatir pekerjaan tertunda. Sebab, untuk memulihkan tenaga, kita cuma perlu waktu 5 menit.
Untuk kita terapkan, carilah tempat di mana kita tidak akan diganggu. Setelah itu, tarik napas dalam-dalam dan lemaskan seluruh otot tubuh. Kalau memang mengantuk, tidur saja.
Shinya menyebut tidur siang sejenak ini sebagai power nap. Sebab, hanya dalam waktu 5 menit atau paling banyak 30 menit, kita pasti akan terbangun dengan kekuatan penuh. Istirahat singkat, menurut penulis buku Miracle of Enzyme itu, mengizinkan tubuh melakukan homestatis atau pemulihan diri. Walhasil, kinerja kita di sesi selanjutnya akan berlangsung dengan efektif.
Tidur siang singkat padat ini, bisa dilakukan setelah habis makan siang disela-sela kesibukan sehari-hari. Pemilihan tempat untuk tidurnya bisa di meja kantor, mobil, angkot, meja belajar, kursi kelas ataupun tempat istirahat.. Yg pasti tidak dianjurkan di kasur yg empuk (yg ada bablas smpe sore).

Bukan Malas, Tidur Siang itu Sehat Plus Ada Kiatnya


REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA - Pendapat para pakar kesehatan dan dokter didukung riset menyebutkan tidur siang memberi manfaat baik. Salah satunya memperbaiki mood dan mendongkrak kinerja otak.

Namun tidur siang pun ada resepnya. Bila anda tipe orang pagi, maka waktu terbaik untuk tidur siang ialah sekitar pukul 1 atau 1.30 siang. Tapi bila anda tipe burung hantu yang gemar begadang, tidur siang beberapa jam kemudian, sekitar pukul 2.30 atau pukul tiga sore.

Durasi terbaik ialah dibawah 45 menit, atau 90 hingga 120 menit. Diluar itu, tidur siang justru bisa membuat anda kehilangan fokus.

Tidur siang tak berarti malas. Dalam studi NASA disebutkan tidur dalam penerbangan bisa meningkatkan performa kerja lanjutan hingga 34 persen dan kewaspadaan hingga 54 persen.

Tips menarik lain, terutama bagi penggemar kopi, untuk memastikan anda produktif usai tidur siang, minumlah secangkir kopi sebelum merebahkan diri. Efek tendangan kopi bekerja sekitar 20-30 menit usai memasuki tubuh.

Satu lagi, tak ada tidur siang yang terlalu pendek. Studi mengenai tidur siang yang dirilis 2008, menyebutkan tidur siang dalam beberapa menit sekalipun bisa memberi keuntungan besar. Salah satunya menurunkan tekanan darah.

Catat pula saran para pakar, durasi terbaik untuk tidur siang ternyata tidak lama, cukup 10 menit.

Untuk yang membutuhkan gambaran manfaat tidur siang, berikut rangkuman jelasnya.
  • Tidur siang meningkatkan kewaspadaan dan kinerja dalam bekerja
  • Aktiivitas ini juga mendongkrak kemampuan menyerap dan belajar
  • 'Molor' sejenak di siang hari juga membantu mereduksi emosi negatif dan memoles emosi positif
Secara keseluruhan tidur memberi manfaat karena
  • Kondisi lelah membuat seseorang kian sulit berbahagia
  • Kurang tidur = gampang sakit-sakitan
  • Tidurlah' bisa meningkatkan kemampuan membuat keputusan
  • Kurang tidur bisa membuat seseorang cenderung berperilaku tidak etis
  • Kecantikan tidur itu ada, bukan mitos.

Ngantuk di siang hari? Jangan ragu pejamkan mata anda.

Tak Cuma Bikin Segar, Tidur Siang Juga Cegah Penyakit Jantung


Jakarta, Di siang hari terutama sehabis makan, kebanyakan orang akan merasa ngantuk meski harus tetap bekerja. Jika Anda punya waktu istirahat lebih, sebaiknya sempatkan diri untuk tidur siang sebentar. Tak hanya bikin segar, tidur siang juga bisa mencegah penyakit jantung.

Tidur siang yang sehat tak perlu lama-lama, cukup tidur pendek 20 sampai 40 menit. Dengan cara ini, Anda sudah bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh peneliti Yunani. Peneliti menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang 30 menit selama 3 kali dalam seminggu, dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen, seperti dilansir geniusbeauty, Kamis (4/10/2012).

Tubuh merasa mengantuk di siang hari merupakan sinyal bahwa tubuh memang memerlukan waktu istirahat. Secara biologi, tubuh memerlukan tidur pendek (nap), karena pada malam dan tengah hari rangsangan biologi mempunyai kewaspadaan yang rendah.

Tidur pendek akan meningkatkan kebugaran dan kewaspadaan. Oleh karena itu, ada dua periode waktu tidur, yaitu waktu tidur malam yang panjang dan siang yang pendek.

Namun di kehidupan modern seperti sekarang, orang tidak punya cukup waktu untuk tidur karena harus sudah berada di meja kantor lagi.

Padahal, tidur siang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidur siang dapat meningkatkan sistem metabolisme, mencegah penuaan dini, meningkatkan memori dan membantu menjaga kewaspadaan mental.

Tidur siang yang sehat sebaiknya dilakukan antara pukul 1 dan 3 siang. Sebaiknya tidak tidur lebih dari 45 menit karena jika lebih Anda justru akan terbangun dengan 'kepala berat'.



Sudah paham belum teman2? jangan lupa tidur siang yah..
:D



2 comments:

obat tidur said...

oke terima kasih gan artikelnuya

Tiket said...

enaknya bisa tidur siang, tapi susah juga kalau kerja.
siang gak boleh tidur,ha2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Stories - Ongoing

Statistik